banner

21 Juli 2021

author photo
Pantai Rajegwesi Banyuwangi - Banyuwangi tak hanya punya Pantai Sukamade, maupun teluk hijau yang tampak bagai surga tersembunyi, namun masih ada banyak wisata keren lainnya yang tak kalah indah salah satunya adalah Pantai Rajegwesi yang terletak diantara lokasi kedua tempat indah tersebut.

Pantai Rejegwesi, Pantai Dengan Sejuta Keindahan di Banyuwangi

Pantai Rajegwesi merupakan sebuah pantai indah yang terletak di Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Rajegwesi ini juga merupakan pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi.

Sejarah Pantai Rajegwesi


Asal muasal nama Rajegwesi sendiri jika kita telusuri lebih dalam akan memiliki kaitan dengan sistem pertahanan angkatan laut Jepang di masa penjajahan Jepang. Dimana nama Rajegwsi berasal dari 2 kata dalam bahasa jawa, yakni kata "Rajeg" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "Tiang Pancang". Serta kata "Wesi" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "Besi".

Hal ini karena di zaman dahulu Jepang pernah menancapkan tiang pancang yang terbuat dari kayu Jati (yang dahulu dipercaya setara dengan kekuatan besi) di kawasan perairan Teluk Rajegwesi.

Keindahan Pantai Rajegwesi

Lokasi Pantai Rajegwesi ini yang berada di tengah-tengah wilayah perkampungan nelayan. Hal ini karena memang sebagian besar penduduk disekitar Pantai Rajegwesi berkerja sebagai nelayan.

Pantai Rajegwesi ini dianugrahi dengan pemandangan yang benar-benar menawan, hal ini akibat dari perpaduan antara pemandangan hamparan luas pasir pantai yang masih bersih dengan pemandangan di sisi kanan yang terdapat hamparan tebing bebatuan yang mengandung biji besi. 

Ditambah lagi dengan deburan ombak yang setiap saat menghantam bebatuan tampak sangat menawan. Ditambah hamparan pasir yang berwarna kecoklatan yang disebabkan oleh endapan lumpur dari beberapa sungai yang aliran airnya bermuara di pantai ini saat banjir, yang menjadikan pasir pantainya berwarna coklat serta memiliki tekstur yang sangat lembut.

Ombak di Pantai Rajegwesi ini relatif kecil jika dibandingkan dengan pantai di pesisir selatan pulau Jawa lainnya. Hal ini dikarenakan dipantai ini terdapat batuan karang yang cukup tinggi yang berbentuk menyerupai tembok raksasa yang menghadang besarnya deburan ombak khas Samudera Hindia. Oleh karena itu kamu bisa berenang dipantai ini dengan aman dan nyaman, namun harus tetap waspada.

Di pantai ini batuan karang inilah yang disebut drngan Rajegwesi yang dalam bahasa jawa bermakna "Pagar Besi", dan setelah diteliti ternyata batu karang memang mengandung biji besi didalamnya. Dan warna kemerah-merahan pada batuan karang yang menyelimuti batuan karang menunjukkan bahwa terdapat sebuah karat, yang diakibatkan oleh proses kerosi oleh deburan air laut selama bertahun-tahun lamanya.

Lokasi Pantai Rajegwesi

Dipantai ini batuan karang inilah yang disebut drngan Rajegwesi yang dalam bahasa jawa bermakna "Pagar Besi", dan setelah diteliti ternyata batu karang memang mengandung biji besi didalamnya. Dan warna kemerah-merahan pada batuan karang yang menyelimuti batuan karang menunjukkan bahwa terdapat sebuah karat, yang diakibatkan oleh proses kerosi oleh deburan air laut selama bertahun-tahun laman

Lokasi dari Pantai Rajegwesi ini berada diantara kedua lokasi Pantai Sukamade dan Pantai Teluk Hijau sehingga secara tidak langsung Pantai Rajegwesi ini merupakan pantai penghubung antara kedua pantai indah tersebut.

Lokasi Pantai Rajegwesi ini yang berada di tengah-tengah wilayah perkampungan nelayan. Hal ini karena memang sebagian besar penduduk disekitar Pantai Rajegwesi berkerja sebagai nelayan.

Pantai ini begitu indah dan masih sangat terjaga karena dikelilingi oleh hutan tropis yang masih sangat terjaga keasriannya. Dan biasanya di bulan Suro, para nelayan akan mengadakaan tradisi petik laut dengan cara melarung kepala kambing ke arah tengah laut.

Selain itu, nelayan yang berasal dari sekitar pesisir Rajegwesi ini termasuk nelayan tradisional yang sangat peduli dan sangat menjaga keseimbangan alam, seperti yang terlihat dari cara mereka dalam menangkap ikan yang hanya menggunakan tehnik pancing maupun hanya memakai jala kecil.

Habitat Penyu Langka di Pantai Rajegwesi

Sebagai bagian dari Taman Nasional Meru Betiri Pantai Rejegwesi juga memiliki kesamaan dengan Pantai Sukamade, yakni menjadi salah satu habitat penyu dan tempat penangkaran penyu. Di pantai ini kita akan dapat melihat proses penyu langka yang sedang bertelur, di antaranya penyu hijau, penyu belimbing, penyu slengkrah, serta penyu sisik. Dan Anda bisa menyaksikan bayi penyu yang sebelumnya sudah ditangkarkan dipantai Sukamade maupun Ketapang, Banyuwangi yang akan dilepaskan ke arah pantai ini agar bisa tumbuh dan berkembang.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Rajegwesi juga memiliki kesamaan dengan Pantai Sukamade, yakni menjadi salah satu habitat penyu dan tempat penangkaran penyu.

Di pantai ini kita akan dapat melihat proses penyu langka yang sedang bertelur, di antaranya penyu hijau, penyu belimbing, penyu slengkrah, serta penyu sisik. Dan kamu bisa menyaksikan bayi penyu yang sebelumnya sudah ditangkarkan dipantai Sukamade maupun Ketapang, Banyuwangi yang akan dilepaskan ke arah pantai ini agar bisa tumbuh dan berkembang.

Rute Menuju Pantai Rajegwesi


Untuk bisa tiba di obyek wisata Rajegwesi kamu bisa  melalui rute yang akan saya jelaskan berikut ini.

Kamu bisa berangkat dari kota Jember maupun Banyuwangi setelah itu melanjutkan perjalanan ke Jajag kemudian menuju ke Pesanggaran dan selanjutnya ke Sarongan dan akhirnya ke Rajegwesi

Melalui alur ini kamu akan dapat tiba di Pantai Rajegwesi serta bila wisatawan melalui rute ini maka bisa dengan menggunakan kendaraan roda empat :
  • Perjalanan dari Jember menuju ke Jajag sejauh  84 km dengan waktu tempuh 2 jam.
  • Perjalanan dari Banyuwangi menuju ke ke Jajag sejauh 65 km dengan waktu tempuh 1 jam.
  • Perjalanan dari Jajag menuju ke Rajegwesi sejauh 40 km dengan waktu tempuh 2 jam.

Setibanya kamu di Sarongan maka jalan yang kamu lalui akan relatif mulus. Namun setelah kamu meninggalkan Sarongan maka medan jalan yang kamu lalui akan mulai terasa menantang.

Kamu diharuskan untuk menempuh medan jalan dengan kondisi yang naik turun, berkelok-kelok serta jalanan setapak dengan tekstur permukaan jalan agak bergelombang, berbatu serta sebagian sudah tidak beraspal lagi.

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, justru inilah sensasi yang sebenarnya dari arti sebuah penjelajahan alam untuk menemukan tempat yang eksotis. Dan kamu tak hanya akan dapat menikmati keindahan yang disajikan oleh pantainya saja akanbtetapi juga kamu juga dapat menikmati unsur petualangannya. 

Kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan selama diperjalanan karena di sepanjang perjalananmu akan tersaji panorama alam pedesaan yang akan memanjakan mata serta menyejukkan hati anda.

Maka bersiaplah untuk memasuki kawasan perkebunan yang cukup luas, yang dimulai dari perkebunan jati, perkebunan sengon, perkebunan coklat bahkan hingga perkebunan karet akan menemani perjalananmu di sebelah kanan kiri jalan yang akan kamu lalui. 

Setelah itu pemandangan di sekitarmu akan berubah menjadi hamparan rumput ilalang, maka akan tampak sebuah pantai yang begitu eksotis dan mempesona yang tampak dari kejauhan. Maka selamat kamu telah sampai di Pantai Rajegwesi.

Tidak sulit bukan dalam menemukan lokasi pantai ini, hal ini dikarenakan pantai ini berada tepat di pinggir jalan yang cukup sering dilalui oleh mobil maupun kendaraan lain. Dan dari jalan sudah tampak pantainya serta sudah terdengar jelas suara deburan ombak yang berasal dari pantai Rajegwesi ini.

Dan itulah tadi ulasan dari saya mengenai Pantai Rajegwesi, yang sangat indah dan mudah diakses maka jangan ragu untuk datang kesini.

Selamt berlibur, semoga menyenangkan...

Next article Next Post
This Is The Oldest Page
Back to Top